Materi Konsep Teknologi
Bab 1
Pengantar
Konsep Teknologi
Pengertian konsep menjadi 3 yaitu:
- Konsep
dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan
bermakna,
- Konsep merupakan suatu pengertian tentang
suatu objek,
- Konsep
adalah produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat
pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya
(setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda). (Woodruft, 1987)
Konsep
à peta perencanaan
untuk masa depan shg bisa dijadikan untuk melangkah ke depan.
v Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang
berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang
berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau
pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.
v Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan
sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain,
teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang
saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang
dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang,
tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.
v Sedangkan rekayasa, menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) menyangkut hal
pengetahuan objektif (tentang ruang, materi, energi) yang diterapkan di bidang
perancangan (termasuk mengenai peralatan teknisnya). Dengan kata lain,
teknologi mencakup teknik dan peralatan untuk menyelenggarakan rancangan yang
didasarkan atas hasil sains.
Dampak Positif dan
Negatif pada Teknologi :
Dampak positif :
·
kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan
fasilitas e-mail,chat,sampai komunikasi secara langsung (pembicaraan) sekalipun
melalui internet.
·
kita dapat dengan mudah mencari informasi yang kita
butuhkan. apalagi dengan adanya bantuan web search engine seperti google
search/yahoo searh dsb.
·
kita dimungkinkan berbelanja melalui media internet.
Dampak
negatif :
·
munculnya
budaya plagiatisme. dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari
pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut
'copast' copy paste.
·
munculnya
para penipu yang memanfaatkan internet.
·
munculnya
pencurian dengan mengambil/menghack. mungkin ini merupakan kesenangan atau
kelebihan ilmu si pencuri namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan bro.
Bab 2
Strategi Pemasaran Pada Android, Iphone, Window Phone dan Blackberry
Android
Sistem operasi besutan Google ini menguasai pangsa
pasar 75 persen dari total penjualan
global ponsel pintar. Pengguna
ponsel berbasis Android telah menyebar ke seluruh dunia.
Kesuksesan
Android didorong oleh rilis perangkat kategori high end, seperti
Galaxy S5
dan berbagai ponsel Android yang dibanderol dengan harga terjangkau.
Iphone
pangsa ponsel pintar Apple, iPhone mengalami penurunan dari 23 persen
pada kuartal 1 2012 menjadi 18 persen pada kuartal 1 2013. Pertumbuhan lambat
iPhone didorong oleh peningkatan siklus penjualan mengingat target pasar mulai
jenuh.
Windows Phone dan Blackberry
Sedangkan
BlackBerry dan Windows Phone, hanya meraih pangsa sisa dari Android dan iPhone.
BlackBerry tragisnya tertinggal dengan Windows Phone dalam pangsa pasar per
kuartal 1 2013. Pangsa Windows Phone meraih 3,5 persen dan BlackBerry
hanya mendapatkan 3 persen. Microsoft
telah mengamati bagaimana Android telah berkembang begitu cepat. Melihat semua ini,
Microsoft mengelurkan kebijakan baru yg bertujuan agar produsen membuat hardware murah
berbasis Windows smartphone, tablet, dan PC.
Bab 3
Testing White
Box dan Black Box
White Box
Pengertian White Box Testing
White box
testing adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detail
perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural
untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian. Secara sekilas dapat
diambil kesimpulan white box testing merupakan petunjuk untuk mendapatkan
program yang benar secara 100%.
Pengujian white box:
·
Untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai
dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali
dari prosedur yang dirancang.
·
Untuk mengetahui cara kerja suatu perangkat lunak
secara internal.
Pelaksanaan pengujian white box:
·
Menjamim seluruh independent path dieksekusi paling
sedikit satu kali. Independent path adalah jalur dalam program yang menunjukkan
paling sedikit satu kumpulan proses ataupun kondisi baru.
·
Menjalani logical decision pada sisi dan false.
·
Mengeksekusi pengulangan (looping) dalam
batas-batas yang ditentukan.
·
Menguji struktur data internal.
Berdasarkan konsep pengujian; White box
(structural) testing / glass box testing : memeriksa
kalkulasi internal path untuk mengidentifikasi
kesalahan.
Langkah-langkah white box:
- Mendefinisikan semua alur logika
- Membangun kasus untuk digunakan dalam pengujian
- Melakukan pengujian.
·
Kelebihan White Box Testing
Ø Kesalahan logika. Digunakan pada sintaks ‘if’ dan pengulangan.
Dimana White
Box Testing akan mendeteksi kondisi-kondisi yang tidak sesuai dan
mendeteksi
kapan proses pengulangan akan berhenti.
Ø Ketidaksesuaian asumsi. Menampilkan asumsi yang tidak sesuai dengan
kenyataan, untuk di analisa dan diperbaiki.
Ø Kesalahan ketik. Mendeteksi bahasa pemrograman yang bersifat case
sensitive.
·
Kelemahan White Box Testing
Ø Untuk
perangkat lunak yang tergolong besar, White Box Testing dianggap sebagai
strategi yang tergolong boros, karena akan melibatkan sumber daya yang besar
untuk melakukannya.
Black Box
Pengertian Black Box Testing
Black box testing adalah pengujian yang dilakukan
hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari
perangkat lunak. Jadi dianalogikan seperti kita melihat suatu koatak hitam, kit
hanya bisa melihat penampilan luarnya saja, tanpa tau ada apa dibalik bungkus
hitam nya. Sama seperti pengujian black box, mengevaluasi hanya dari tampilan
luarnya(interface nya) , fungsionalitasnya.tanpa mengetahui apa sesungguhnya
yang terjadi dalam proses detilnya (hanya mengetahui input dan output).
·
Kelebihan Black Box
- Dapat memilih subset test secara efektif dan
efisien
-
Dapat menemukan cacat
-
Memaksimalkan testing investmen
·
Kelemahan Black Box
- Tester tidak pernah yakin apakah PL
tersebut benar – benar lulus uji.
Bab 4
Strategi Pemasaran
Xiaomi, Iphone, BlackBerry
Strategi xiaomi
- Menjadi berbeda dan kompetitif. Anda harus memiliki differensiasi produk yang jelas diinginkan konsumen. Untuk apa membuat sesuatu yang berbeda namun tidak ada yang membutuhkannya.
- Touch your customer. Sentuhlah sisi pribadi mereka sehingga merasa dispesialkan. Salah satu keunggulan Xiaomi adalah adanya fitur tampilan seccara keseluruhan yang bisa di-custom oleh masing-masing pemilik sehingga menjadi unik.
- Perkuat pemasaran online. Manfaatkan internet dan social media, karena terbukti jauh lebih hemat dan efektif dalam memasarkan produk.
- Manfaatkan komunitas. Manfaatkan group atau forum online yang akan menciptakan komunitas yang solid terhadap brand tersebut. Respon mereka juga memudahkan Anda untuk menentukan produk yang tepat untuk konsumen.
Strategi apple
- Inovasi
Apple memanfaatkan produk yang sudah populer sebelumnya yaitu
iPod dan telepon genggam serta menyatukan kedua konsep tersebut. Didukung
dengan riset yang mendalam serta berbagai survey dan penelitian, Apple mampu
menciptakan produk yang menggabungkan kedua konsep produk tersebut menjadi satu
konsep baru yang tidak terasa canggung ketika dioperasikan. Bahkan iklan
pertama iPhone menggunakan kalimat “there’s never been an iPod that can do
this” dan menanamkan kesan bahwa calon pembeli akan mendapatkan yang lebih bila
membeli iPhone.
- Target pemasaran yang potensial
Apple menyadari bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya
terus berkembang (terutama mereka yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi
konsumen alat komunikasi canggih yang setia. Oleh karena itu, kampanye
pemasaran produk iPhone sejak seri pertama selalu menonjolkan hal-hal yang akan
menarik perhatian kaum muda dan profesional; produk yang canggih, trendi dan
serba bisa.
Strategi blackberry
1. Strategi Premium
BlackBerry berupaya
menyampaikan kepada masyarakat akan adobsi produk BlackBerry premium. Melalui
produk ponsel BlackBerry Z10 dan BlackBerry Z3 sebagai contohnya.
Keduanya dipoisisikan sebagai ponsel kelas peremium di Indonesia.
2. BBM Multiplatform (BlackBerry for Android dan
iPhone)
BlackBerry for Android
dan iPhone dibuka menjadi layanan multiplatform adalah keputusan yang cukup
mengejutkan. Namun demikian, dalam seminggu BBM multiplatform sudah diunduh
sebanyak 20 juta itu adalah bukti.
BlackBerry akan
mengandalkan BlackBerry for Android dan iPhone sebagai penarik minat masyarakat
khususnya di Indonesia. Ekosistem BBM multiplatform akan semakin ditingkatkan
di Indonesia mengingat BBM multiplatform memiliki peminat banyak di Indonesia.
Bahkan, saat ini
BlackBerry sudah menunjuk brand lokal ponsel di Indonesia sebagai BBM Official
Partnern.
3. Kerja sama dengan pengembang aplikasi
Guna menyediakan
aplikasi di Blackberry World, BlackBerry di Indonesia akan terus menjalin
kerjasamanya dengan para pengembang aplikasi lokal dari Indonesia.
Bab 5
Teknologi Komunikasi Berdasarkan Ruang dan Waktu
Pada ruang dan waktu ada 4 contoh yaitu :
- Ruang/tempat sama dan waktu sama, contohnya : presentation systems, Group Decision Support System (GDSS).
- Ruang/tempat sama tetapi waktu berbeda, contohnya : Trasaction databases, World Wide Web (WWW), E-mail, Voice Mail.
- Ruang/tempat berbeda tetapi waktu sama, contohnya: Telepon, computer conferencing, video telephone/conferencing, Nonrecorded radio atau TV broadcast.
- Ruang/tempat berbeda dan waktu berbeda, contohnya: Trasaction databases, World Wide Web (WWW), Electronic Data Interchange (EDI), E-mail, Voice Mail, Fax, Prerecorded radio or TV broadcast.Dosen Pembimbing : budi.staf.upi.edu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar